Terapi Pustaka Laboratorium Psikologi Pendidikan dan Bimbingan

Terapi Pustaka Laboratorium PPB terletak di ruangan Laboratorium PPB Kampus Pusat Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Terapi Pustaka Lab. PPB memiliki lebih dari 500 koleksi umum yang berfokus pada disiplin ilmu psikologi dan bimbingan konseling, 500 lebih E-book, 300 lebih E-journal, 100 lebih naskah skripsi khusus mahasiswa/i jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, dan jurnal pendidikan yang berjumlah lebih dari 30 eksemplar.

SEJARAH

Terapi Pustaka Lab. PPB mulai dirintis sekitar tahun 2004. Pada dasarnya Perpustakaan Lab PPB bernama ruang terapi pustaka. Ruang terapi pustaka merupakan salah satu fasilitas dari Laboratorium PPB yang dilengkapi dengan buku-buku terapi pustaka. Buku-buku ini dimaksudkan sebagai salah satu teknik yang digunakan untuk memberikan terapi pada konseli yang melakukan konseling di Lab PPB dan digunakan sebagai penunjang praktikum. Seiring berjalannya waktu, ruang terapi pustaka tidak hanya dimanfaatkan untuk terapi pustaka,namun juga digunakan oleh mahasiswa dan dosen untuk mencari sumber literatur untuk keperluan akademis.

STRUKTUR ORGANISASI
FASILITAS

Dibandingkan dengan perpustakaan lain di FIP, Terapi Pustaka Lab. PPB dapat dikatakan cukup kecil dengan luas 73 meter. Ruang ini menempati salah satu ruang di Labortorium PPB. Rak buku,tempat baca, pengelolaan dan layanan menjadi 1 dalam ruangan. Meskipun memiliki keterbatasan tempat diharapkan perpustakaan PPB dapat menunjang mahasiswa maupun dosen dalam melakukan proses pembelajaran. Adapun fasilitas yang tersedia antara lain :

Tempat Baca

Tempat baca Terapi Pustaka Lab. PPB berupa lesehan karpet dan dapat menampung sekitar 10 mahasiswa2.

Komputer E-Book

Komputer digunakan untuk menyimpan koleksi E-Book dan E-journal. Melalui komputer ini mahasiswa dan dosen dapat melakukan pencarian E-Book maupun E-Journal. Selain itu komputer dapat digunakan untuk melakukan pencarian online buku-buku yag ada di Terapi Pustaka Lab. PPB melalui library.fip.uny.ac.id.

KEANGGOTAAN

Peminjam buku di Terapi Pustaka Lab. PPB hanya untuk mahasiswa dan dosen jurusan PPB dengan meninggalkan KTP atau kartu mahasiswa,tetapi mahasiswa dari jurusan atau fakultas lain baik dari Universitas Negeri Yogyakarta maupun dari luar UNY diperbolehkan membaca koleksi di tempat.

KLASIFIKASI

Terapi Pustaka Lab. PPB menerapkan system klasifikasi yang berbeda dengan perpustakaan FIP, yakni menggunakan sistem klasifikasi DDC. DDC merupakan singkatan dari Dewey Decimal Classification, sistem pengklasifikasian yang pertama kali dipublikasikan oleh Melvil Dewey pada tahun 1876 (Sumber : Wikipedia).


Klasifikasi di Terapi Pustaka Lab. PPB adalah sebagai berikut:

Klasifikasi Keterangan
131 Kebahagiaan, Kesuksesan2
150 Psikologi
152.4 Emosi,dll
153 Kecerdasan
153.1-153.6 Belajar,Berpikir,Komunikasi
153.8 Motivasi
155.4 Psikologi Anak
155.5 Psikologi Remaja
155.6 Psikologi Orang Dewasa
158.2-158.4 Hubungan Antar Pribadi,Kepemimpinan
158.7 Karir
173 Pernikahan
370.15-371.3 Metode Belajar Mengajar
371.4 Bimbingan Konseling
394.3 Games
200 Agama
030 Ensiklopedia
613.7 Kesehatan