Sejarah

Perpustakaan Fakultas Ilmu Pendidikan mulai dirintis bulan September tahun 2000 berdasarkan Hasil Musyawarah Kerja Fakultas.

Pada awal berdirinya, koleksi perpustakaan mendapat sumbangan buku dari berbagai jurusan di Fakultas Ilmu Pendidikan, sumbangan yang diberikan mencapai 1000 eksemplar. Sumbangan tersebut selanjutnya dikelola dengan baik dan rapi oleh staf perpustakaan, adapun pengadaan buku diadakan secara rutin setiap tahun mulai dari tahun 2004. Perpustakaan terus mengalami perkembangan baik jumlah koleksi maupun penggunanya.

Untuk menyesuaikan dengan perkembangan dan tuntutan kebutuhan, perpustakaan FIP ditempatkan di ruangan khusus. Sebelum menempati ruangan khusus perpustakaan FIP mengalami perpindahan tempat sebagai berikut :

  • Tahun 2000 s/d 2003 perpustakaan menempati ruang didepan masjid FIP
  • Tahun 2003 s/d 2007 untuk sementara perpustakaan menempati Gedung Registrasi UNIT II yang menyatu dengan Ruang MKU
  • Tahun 2008 sampai sekarang berada di Fakultas Ilmu Pendidikan lantai dua sayap barat.

Sejak Tahun 2008 Perpustakaan FIP (Induk) menempati gedung baru FIP lantai 2 sayap barat dengan luas 16 m x 12 m, yang terdiri dari ruang sirkulasi, ruang baca, ruang koleksi, tempat penitipan tas, ruang buku tandon, dan ruang pengolahan.

Selain memiliki perpustakaan di kampus pusat, Fakultas Ilmu Pendidikan juga berdiri di kampus wilayah, yakni kampus 2 di Jl. Kenari dan kampus 3 di Jl. Bantul. Masing masing kampus wilayah memiliki perpustakaan sendiri yang lebih mengarah ke displin ilmu Pendidikan Sekolah Dasar dan Pendidikan Anak Usia Dini.

Hal ini dilatar belakangi penggunaan kampus 2 dan kampus 3 sebagai tempat perkuliahan program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Meskipun perpustakaan kedua wilayah ini terletak berjauhan dengan perpustakaan kampus pusat, koordinasi dan prinsip kepustakaan tetap berpedoman pada kampus pusat. Sedangkan kampus pusat berpedoman dan mengacu kebijakan-kebijakan yang di gunakan UPT Perpustakaan Universitas Negeri Yogyakarta.

Data Koleksi

Tahun Kampus 1 Kampus 2 Kampus 3
2000-2003
2004-2007
2008-2010
2011-2014