LAKUKAN REGISTRASI ULANG KEANGGOTAAN-MU UNTUK SEMESTER GENAP
Detail Cantuman Kembali

XML

Pendidikan Yang Memiskinkan


Bagi orang tua zaman dulu, pendidikan diidealkan sebagai sarana untuk meraih "kepintaran dan Kemandirian," Ini tercermin, misalnya, pada wasiat kebanyakan orang tua jawa kepada anak-anak mereka. Kabeh kowe kudu sekolah ben piner. Yen pinter iso golek pangan dewe (kalian semua harus bersekolah biar pintar, kalau pintar nanti kalian bisa hidup mandiri). Demikian sederhana makna pendidikan yang ditekankan para orang tua zaman dulu. Mereka mencita-citakan anak-anak mereka menjadi orang pintar dan mengerti sehingga kelak dapat hidup mandiri. Dengan demikian,diidealkan para orang tua sebagai upaya pembebasan. Ini sejalan dengan gagasan Paulo nFreire, tokoh pendidikan dari Brazil, bahwa pendidikan merupakan Praktik pembebasan dari kebodohan, kemiskinan, keterbelengguan, kepicikan, kekerdilan dan ketamakan.

Namun pada praktiknys pendidikan acap disalahgunakan rezim penguasa. Pendidikan menjadi ajang indoktrinisasi ideologi rezim. Akibatnya, prestasi pendidikan tidak lagi mengarah peda pembebasan dan pencerdasan kehidupn berbangsa dan bernegara. Alih-alih, ia lebih merupakan alat dominasi negara atas warganya. Pada tingkat implementasinya, pendidikan sebagai alat kekuasaan ini telah berdampak pada pemiskinan masyarakat baik secara ekonomis, geografis, sosial, budaya dan politik.

Buku yang ditulis Darmaningtyas ini merupakan refleksi atas berbagai persoalan yang membelit dunia pendidikan kiota selama rezim Orde Baru. Mengambil inspirasi Paulo Freire, penulis mengkritisi ideologi dan berbagai kebijakan pemerintah orde baru menyangkut pendidikan nasional kita, mulai dari soal kurikulum yang berubah-ubah, masuknya dunia Bisnis kedalam dunia pendidikan (komersialisasi pendidikan), hilangnya seni pendidikan, matinya profesi guru, mutu pendidikan, disertasi perguruan tinggi. Penulis memperlihatkan bahwa pendidikan nasional justru muncul ketika dipenuhi beban ideologi,politik dan agama, terutama oleh negara.
Darmaningtyas
DARMANINGTYAS - Personal Name
Cet.Ke-1
37.014.53 Dar p04
979 3627 03 4
37.014.53
Text
Indonesia
Galang Press
2004
yogyakarta
xvi, 303p. : ill.; 20cm
LOADING LIST...
LOADING LIST...